Resep Mie Goreng Asam Pedas ala Thai


Resep Mie Goreng Asam Pedas ala Thai. Bosan dengan mie goreng yang itu-itu saja? Resep kali ini bisa jadi variasi menu dirumah. Dari judulnya bisa ditebak rasanya, sedikit asam dan pedas. Untuk kedua rasa tersebut didapat dari sambal bangkok. Nah, sambal ini bisa didapat dengan membeli di supermarket besar atau jika anda punya waktu luang bisa membuat versi homemadenya sendiri di rumah. Untuk resep sambal bangkok versi homemade silakan klik disini.


Pelengkap yang saya gunakan hanya tauge, sawi hijau, telur dan bakso karena bahan itu yang ada di kulkas. Tentunya sangat boleh menambah berbagai pelengkap. Seperti protein misalnya, ayam, udang, cumi-cumi dan lain sebagainya. Serta sayuran jika semakin banyak yang digunakan tentunya semakin bergizi.



Sedikit tips, agar mie yang dihasilkan tidak terlalu lembek maka saat merebusnya jangan terlalu lama, cukup rebus sekitar 2 - 3 menit saja. Tiriskan kemudian beri minyak, aduk rata. Lalu saat akan mencapur mie dengan tumisan, syarat pertama tumisan harus minim air, jika tumisan berair maka tunggu hingga air benar-benar menyusut. Syarat kedua, saat mencampur mie api kompor harus dimatikan terlebih dahulu, kemudian aduk hingga tercampur rata barulah api kompor dinyalakan kembali kali ini cukup dengan api kecil saja sampai mie hangat dan tumisan dan bumbu meresap pada mie.

Oke, berikut resep Mie Goreng Asam Pedas ala Thai dengan step by step dilengkapi foto.


Mie Goreng Asam Pedas ala Thai

Untuk 3 porsi

Bahan :
- 250 gram mie telur
- 1 sendok makan minyak wijen
- 2 sendok makan minyak goreng
- 1/2 buah bawang bombay, iris tipis
- 5 siung bawang merah, iris tipis
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 1 batang daun bawang, gunakan bagian putih, iris tipis
- 2 butir telur ayam
- 10 butir bakso sapi/ayam, iris melintang tipis
- 5 batang sawi hijau, potong-potong
- 50 gram tauge, cuci bersih kemudian rendam dengan air panas selama 1 menit, tiriskan
- 100 ml sambal bangkok
- 2 sendok makan kecap manis
- 75 ml air kaldu ayam
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir

Cara membuat :

Rebus mie telur hingga setengah lunak. Jangan terlalu lama saat merebus karena akan membuat mie terlalu lembek saat digoreng. Angkat dan tiriskan, beri 1 sendok makan minyak wijen. Aduk rata.

Siapkan pan atau wajan, panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bawang bombay hingga sedikit layu dan transparan. Masukkan bawang merah, bawang putih dan bagian putih daun bawang, tumis hingga harum dan sedikit layu.

Sisihkan tumisan bawang dibagian pinggir pan. Masukkan telur dibagian lain pan, aduk-aduk hingga menjadi orak-arik dan telur mengeras.

Jika telur telah mengeras masukkan bakso.


Aduk bersama telur dan tumisan bawang hingga menjadi satu kesatuan.

Masukan potongan sawi hijau.

Aduk dan masak sampai sawi hijau setengah layu.

Masukkan tauge, sambal bangkok, kecap manis, 75 ml air kaldu ayam, garam dan gula pasir.


Aduk rata dan masak hingga tumisan bercampur dengan seluruh bumbu dan air kaldu menyusut.

Matikan api kompor. Masukkan mie.

Aduk mie hingga tercampur rata dengan tumisan dan warna mie berubah menjadi kecoklatan. Nyalakan kembali api kompor, dengan api kecil aduk dan masak mie sampai hangat dan bumbu melekat pada mie. Aduk sambil dimasak kira-kira 4 - 5 menit. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin.

Matikan api. Angkat, tuang ke piring saji. Sajikan selagi hangat.

Sumber:
Cookpad Mie Goreng Asam Pedas ala Thai





loading...

0 Response to "Resep Mie Goreng Asam Pedas ala Thai"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code