Resep Ayam Goreng Tepung Rica Pedas



Resep Ayam Goreng Tepung Rica Pedas. Siapa sih yang nggak suka ayam goreng tepung yang renyah dan krispi? Mungkin hanya sebagian kecil saja. Nah, jika anda sering menyantap ayam goreng tepung di restoran capat saji, maka kali ini harus dan diwajibkan untuk membuat versi homemadenya. Selain lebih sehat, versi homemade tentu bisa menjadi ajang berkreasi rasa dengan menambah berbagai bumbu.


Untuk yang saya buat kali ini menggunakan bagian dada tanpa tulang yang dipotong persegi panjang. Anda tentu bisa menggunakan bagian lain, misalnya paha atas, paha bawah atau sayap. Bumbu yang saya gunakan simple saja, hanya bawang putih, garam dan merica bubuk. Kemudian saya tambahkan tepung maizena dan sedikit air. Tepung maizena disini berfungsi untuk membuat daging empuk dan tidak alot. Ayam lantas diaduk rata dan dimasukkan kedalam chiller kulkas. Ini dilakukan agar bumbu benar-benar meresap didaging. Minimal 3 jam di chiller, tapi lebih baik didiamkan selama semalam. Nah, setelah itu ayam digulingkan dan ditekan-tekan ke tepung beras agar tepung merekat kemudian dicelupkan ke kocokan telur dan digulingkan kembali ke tepung beras. Barulah ayam ditata di wadah atau nampan. Ayam tidah boleh berdekatan dan bertumpukkan satu sama lain. Kemudian dimasukkan kembali kedalam kulkas selama minimal 1 jam.


.
Ayam lalu digoreng dengan api sedang dan minyak agak banyak dan minyak harus benar-benar panas. Goreng sampai kekuningan saja sambil diaduk-aduk agar ayam tidak lengket dan minyak dapat terdistribusi keseluruh bagian ayam. Tujuan proses ini hanya membuat kuning bagian luarnya saja dan tidak untuk membuat matang secara keseluruhan. Kemudian ditiriskan dan biarkan disuhu ruang terlebih dahulu agar menjadi dingin. Ayam lalu ditata kembali di wadah atau nampan dan masukkan kembali ke chiller kulkas selama semalaman. Ayam kemudian digoreng kembali untuk kedua kalinya. Untuk kali ini goreng sampai kecoklatan dan ayam matang sempurna.


Agar ayam goreng tepung yang disajikan berbeda dari yang biasanya, maka kali ini saya mencampurnya dengan saus rica yang pedas dan beraroma daun-daun khasnya. Membuatnya sangat mudah. Tumis bawang merah yang telah diiris tipis samapi harum dan sedikit layu. Kemudian masukkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, kemiri, cabai merah keriting dan cabai rawit merah, tumis hingga sedikit kering dan harum. Lalu masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan puree tomat, aduk sampai daun-daun layu. Untuk puree tomat, ini optional. Jika anda tidak menggunakannya maka tambahkan beberapa buah lagi cabai merah keriting. Selanjutnya tuang air kaldu ayam dan tambahkan gula merah atau jawa, gula pasir dan garam. Aduk dan masak sampai sampai air kaldu menyusut dan mengental, kira-kira membutuhkan waktu 5 - 10 menit. Setelah itu masukkan ayam yang telah digoreng dengan catatan api kompor harus dimatikan terlebih dahulu. Aduk rata, baru kemudian api dinyalakan kembali kali ini dengan api kecil, masak sampai saus rica meresap di ayam. Matikan api, kemudian beri air perasan jeruk nipis. Api harus dimatikan terlebih dahulu agar rasa air jeruk nipis tidak berubah menjadi pahit. Air jeruk nipis disini optional, anda tentu bisa tidak menggunakannya.



Oke, kelihatannya semakin lama dijelaskan semakin ruwet seperti jalan di jam pulang kantor. Selebihnya membuat ini mudah, hanya memerlukan kesabaran yang lebih saja. :) Berikut resep Ayam Krispi Rica Pedas dengan step by step dilengkapi foto!



Ayam Goreng Tepung Rica Pedas

Untuk 3 porsi

Bahan ayam goreng tepung :
- 300 gram dada ayam fillet, potong sepanjang 2 cm, tebal 1 cm
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- 50 ml air
- 2 sendok makan tepung maizena
- 1 butir telur ayam, kocok lepas
- 8 sendok makan tepung beras
- minyak untuk menggoreng

Bahan dan bumbu rica pedas :
- 7 siung bawang merah, iris tipis
- 1 batang serai ukuran kecil, ambil bagian putih, geprek
- 2 lembar daun salam, robek sedikit
- 3 lembar daun jeruk, robek sedikit
- 3 sendok makan puree tomat (optional)
- 2 1/2 sendok makan gula merah atau gula jawa sisir
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 300 ml air kaldu ayam
- air perasan jeruk nipis, dari setengah buah jeruk nipis

Bumbu rica pedas, dihaluskan :
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- 11 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah

Cara membuat :
Membuat ayam krispi



Siapkan mangkuk, masukkan bawang putih, garam, merica dan air. Aduk rata sampai garam larut. Masukkan ayam dan tepung maizena. Aduk rata hingga ayam terlumuri bumbu dan tepung.

Tutup mangkuk dengan plastik wrap atau masukkan ayam kedalam kantung platik dan ikat rapat. Masukkan kedalam chiller kulkas selama minimal 3 jam.

Siapkan piring, tuang tepung beras. Siapkan juga wadah berisi kocokan telur ayam. Keluarkan ayam dari chiller kulkas.

Ambil sekitar 4 - 5 potongan ayam. Gulingkan ke tepung beras, tekan-tekan agar tepung merekat. Celupkan ayam ke dalam kocokan telur hingga seluruh permukaanya lerlumur telur. Gulingkan kembali ke tepung beras, tekan-tekan kembali agar tepung merekat. Ketuk-ketuk untuk membuang tepung yang tidak merekat. Lakukan hingga semua ayam habis.

  
Siapkan wadah atau nampan. Tata potongan ayam yang telah bertepung. Jangan saling berdekatan dan bertumpukan. Masukkan kedalam chiller kulkas selama 1 jam.

Keluarkan ayam dari kulkas. Siapkan wajan atau penggorengan. Dengan api sedang, tuang dan panaskan minyak goreng agak banyak. Tunggu hingga benar-benar panas. Masukkan ayam, goreng hingga kekuningan saja. Angkat dan tiriskan. Lakukan sampai semua ayam habis.

Tunggu ayam hingga benar-benar dingin. Tata dalam wadah atau nampan kembali. Jangan saling berdekatan dan berumpukkan. Masukkan kedalam chiller kulkas selama semalam.

Keluarkan ayam dari kulkas. Goreng kembali ayam dengan minyak agak panas dan dengan api kecil. Goreng sampai kecoklatan. Lakukann hingga semua ayam habis.

Membuat rica pedas



Siapkan pan atau wok pan, dengan api sedang, tuang dan panaskan minyak. Tumis bawang merah hingga sedikit harum dan layu. Masukkan bumbu halus (bawang putih, kemiri, cabai merah keriting dan cabai rawit merah) aduk dan masak sampai sedikit mengering

Masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan puree tomat. Aduk dan masak sampai daun salam dan daun jeruk sedikit layu.

Tuang air kaldu ayam, masukkan juga gula merah atau gula jawa sisir, gula pasir dan garam. Masak sampai mendidih. Kecilkan api, lanjutkan memasak sampai air menyusut dan mengental sambil terus diaduk.




Matikan api. Masukkan ayam yang telah digoreng. Aduk rata sampai seluruh permukaan ayam terlumuri bumbu. Nyalakan kembali api, dengan api kecil aduk dan masak sampai ayam menyerap bumbu sekitar 1 - 2 menit. Matikan api, tuang air perasan jeruk nipis kemudian aduk rata.


Ambil serai, daun salam dan daun jeruk, sisihkan. Tuang ayam ke piring saji. Sajikan selagi hangat dan ayam masih krispi bersama nasi atau sebagai cemilan saja. Yummm!!

loading...

0 Response to "Resep Ayam Goreng Tepung Rica Pedas"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code