Resep Daging Pukul Krispi dengan Saus Tomat Rempah Italia


Saat idul adha tiba, orang yang jarang makan daging seperti saya tentu sangat bahagia. Mendapat sekantung kresek berisi daging tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Belum lagi dari tetangga atau saudara yang berqurban dan juga sekolah. Karena ibu saya seorang guru tentulah mendapat sedikit jatah. Yang jadi masalah adalah ketika daging terus saja berdatangan sedangkan freezer kulkas tidak lagi kuat menampung. Alhasil beberapa kresek terpaksa berada di chiller kulkas. Tak hanya daging sapi yang datang, tapi kawannya si kambing pun sering dikirim kerumah. Inilah masalah berikutnya. Daging kambing yang beraroma tidak sedap ampuh membuat saya tidak berkunjung ke dapur berhari-hari. Menunggu sampai daging kambing habis diolah ibu saya. Sampai menjadi masakan pun saya tidak mencicipnya sama sekali. Boro-boro mencicip, mencium aromanya saja saya langsung sedikit keliyengan dan mual-mual. Sampai semua gangguan itu belum hilang saya pasrah mengurung diri dikamar.



Masalah lainnya ialah, idul adha menjadi ajang pertarungan lomba memasak antar kelas di SMP (MTs) saya dulu. Anak smp yang jiwanya baru mencicip ABG tentulah menjadi masalah. Apalagi anak laki-laki, dimasa-masa dulu tentulah sangat gengsi berurusan dengan hal yang berkaitan dengan masak-memasak. Takut nantinya diejek "Seperti perempuan saja suka masak." Kurang pengalaman, informasi, serta resep unik yang sulit didapat menambah beban pikiran yang sudah mentok. Teman-teman termasuk saya seakan berbahasa tubuh sama "Terserah kalian mau masak apa. Aku ikut saja." Untunglah dalam kelompok kami ada seorang teman yang ibunya jago memasak, dan dia pun juga pintar memasak. Teman saya ini lantas mengusulkan untuk membuat kicik saja yang simpel. Tak perlu pikir panjang semua langsung menyetujui usulan teman saya ini.

Lihat juga resep unik lainnya :

Singkat cerita lomba memasak berjalan lancar. Karena yang bertugas memasak adalah teman saya yang jago ini. Saat itu kami hanya bertugas mengupas bawang, mengiris daging, dan mencuci perabot yang kotor. Seolah teman saya ini menjadi chef, sedangkan kami hanya menjadi asistennya saja. Oke tak masalah, ini semua setimpal karena gengsi kami yang selangit. Akhirnya perlombaan pun berakhir dan dimenangkan oleh adik kelas saya. Entah apa yang menjadi keriteria penilaian. Saya pun tidak tahu kapan masakan kami dinilai, karena setelah selesai memasak saya langsung sholat dzuhur. Mungkin saat itu saya melewatkan sesi penilaian. Tapi yang jelas salah satu juri yang menilai merupakan wali kelas dari pemenang. Memang layak menjadi pemenang atau juri tersebut sudah tidak lagi melihat masakan peserta lain. Terlepas dari menang atau tidak, lomba memasak ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan akan menjadi kenangan yang akan terus saya ingat. Membuat saya merindukan masa sekolah saya dulu.

Oke, kita tinggalkan sejenak idul adha yang penuh dengan susah dan senang. Inspirasi resep daging pukul krispi ini berasal dari adik saya. Saat lomba di sekolahnya, adik saya dan teman-temanya memasak menu ini. Tentu dengan versi mereka anak sekolahan yang suka praktis. Yup, menggunakan tepung bumbu instan. Sedangkan resep dibawah saya meracik sendiri komposisi tepungnya. Campuran tepung terigu, tepung tapioka, dan baking powder ampuh membuat daging menjadi krispi. Selain itu, daging perlu di cubit-cubit. Nantinya cubitan ini akan membuat kulit tepung menjadi keriting dan inilah yang membuat daging krispi. Memasukan daging yang telah terselimut tepung selama satu jam di freezer menjadi trik tambahan agar daging kres-kres saat dikunyah. Keuntungan lainnya, minyak yang kita gunakan untuk menggoreng tidak lantas menjadi butek akibat tepung yang membalut daging. Dibandingkan jika kita langsung memasukkan bahan yang berselimut tepung ke minyak tanpa masuk freezer dahulu, biasanya minyak akan butek dan tepung akan mengendap di dasar wajan. Dengan begitu kita akan sedikit berhemat pada minyak dan tidak buru-buru menggantinya dengan yang baru.

Resep ini juga versi praktis dari resep ayam goreng tepung rica pedas yang saya posting beberapa waktu yang lalu. Klik disini untuk melihat resepnya. Disana saya terlalu lama mendinginkan ayam yang telah berselimut tepung. Nah, sekarang bisa dipersingkat menjadi satu jam saja di freezer. Tips lainnya, pukulah daging setipis mungkin tapi jangan sampai hancur. Cukup sampai melebar saja. Menipiskannya bisa menggunakan ulekan atau hammer khusus untuk daging. Daging yang tipis akan memudahkan proses pematangannya. Selain itu gunakan api kecil saat menggoreng. Api yang kecil akan mematangkan daging secara perlahan sehingga kulit tepung tetap cantik dan daging matang sampai kedalam. Jangan menggunakan api besar, karena akan membuat bagian tepung cepat gosong, sedangkan daging belum matang. Perlu diingat sebelum daging masuk minyak, minyak haruslah panas terlebih dahulu. Jika tidak daging nantinya malah akan menyerap minyak dan membuat melempem bukannya krispi.

Untuk pendamping, saya membuat saus tomat dengan sedikit rempah italia. Saus ini bisa juga disebut saus pizza tetapi versi kasarnya. Karena masih terdapat tomat yang tidak hancur secara keseluruhan. Tetapi jika anda lebih suka saus yang lembut, setelah matang saus ini bisa diblender hingga halus sesuai keinginan anda. Saya sarankan, setelah diblender masak kembali saus di pan beberapa saat. Ini agar saus awet dan tidak mudah basi. Saus yang telah diblender bisa juga digunakan untuk saus pizza seperti yang saya jelaskan diatas. Saus ini juga saya gunakan untuk membuat pizza toping barbeque daging. Resepnya saya akan posting segera.
Berikut step by step resep daging pukul krispi dengan saus tomat rempah italia dilengkapi foto!



Daging Pukul Krispi Saus Tomat Rempah Italia

Untuk 4 porsi

Bahan :
200 gram daging sapi
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica butiran
1 Sendok makan tepung tapioka
Minyak untuk menggoreng

Bahan pencelup :
70 gram tepung terigu
100 ml air

Bahan pelapis aduk rata :
150 gram tepung terigu
100 gram tepung tapioka
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan saus :
2 sendok makan minyak, untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
3 buah cabai merah keriting, haluskan (optional)
5 buah tomat
Air panas, secukupnya untuk merendam tomat
7 sendok makan puree tomat
125 ml air kaldu daging
125 ml air
1 1/4 sendok teh mixed herbs italia
1/2 sendok makan garam
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir

Cara membuat :
Membuat daging pukul krispi



Siapkan daging. Iris tipis daging memotong serat. Pukul-pukul daging dengan ulekan atau hammer khusus daging. Jangan memukul daging dengan keras agar daging tidak hancur. Lakukan hingga semua daging habis.

Letakkan daging dalam mangkuk. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica. Masukkan kedalam mangkuk bersama daging. Tambahkan garam. Aduk rata sampai daging tercampur dengan bumbu.



Masukkan tepung tapioka. Aduk kembali daging hingga tercampur rata. Masukkan daging kedalam chiller kulkas selama 1 jam agar bumbu meresap.

Siapkan wadah kecil masukkan semua bahan pencelup. Aduk rata sampai tepung larut. Siapkan piring lebar. Masukkan semua bahan pelapis. Aduk rata.



Keluarkan daging dari chiller kulkas. Ambil sekitar tiga potong daging. Balur daging dengan adonan pelapis hingga rata. Ketuk-ketuk untuk menghilangkan tepung yang berlebih.

Celupkan daging kedalam adonan pencelup. Balur kembali daging dengan bahan pelapis hingga rata. Beri cubitan-cubitan kecil agar daging bertekstur krispi setelah digoreng nanti. Lakukan hingga semua daging habis.



Siapkan wadah lebar. Tata daging yang telah dilumuri tepung. Jangan saling bertumpukkan. Masukkan kedalam frezzer kulkas selama minimal 1 jam.



Siapkan wajan, tuang minyak. Panaskan dengan api besar hingga benar-benar sangat panas. Keluarkan daging dari frezzer kulkas. Kecilkan api, kemudian masukkan daging. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan hingga semua daging habis.

Membuat saus tomat rempah italia



Siapkan wadah masukkan tomat. Tuang air panas sampai tomat agak terendam. Diamkan selama 15 menit. Tiriskan. Belah tomat menjadi dua. Buang bijinya. Kemudian cincang kasar. Haluskan bawang putih dan cabai merah hingga benar-benar halus.



Siapkan pan anti lengket. Tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan bawang putih dan cabai merah yang telah dihaluskkan. Tumis hingga tercium wangi bumbu. Masukkan tomat cincang. Aduk rata dan tekan-tekan tomat sampai agak hancur. Masukkan puree tomat. Aduk dan masak sampai ada letupan-letupan kecil.



Tuang air kaldu daging dan air. Aduk rata dan masak sampai mendidih. Masukkan mixed herbs italia, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata dan masak sampai mengental. Masukkan garam, aduk rata. Cicipi kembali rasanya, tambahkan kembali garam jika kurang asin. Angkat dan sisihkan.

Siapkan piring saji. Tata daging. Tuang saus di mangkuk. Sajikan daging bersama sausnya. Mantap!

loading...

0 Response to "Resep Daging Pukul Krispi dengan Saus Tomat Rempah Italia"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code