Resep Steak Daging Cincang dengan Saus Coklat, Potato Wedges, dan Tumis Sayuran


Apakah aman mengkonsumsi steak yang matangnya setengah? Pertanyaan ini selalu muncul dibenak. Membuat saya selalu memesan steak dengan kematangan sempurna karena takut akan akibat buruk yang ditimbulkan. Seringnya mendapat informasi entah itu pesan berantai di sosial media atau media resmi ternama ampuh membuat saya menjauhi si steak setengah matang. Beberapa sumber mengatakan daging yang tidak matang sempurna mengandung parasit yang menyebabkan toxoplasmosis. Toxoplasmosis adalah penyakit yang dapat membahayakan keselamatan janin dalam kandungan. Selain parasit, daging juga dapat mengandung bakteri salmonela yang menyebabkan tifus dan listeria yang dapat menyebabkan menurunnya sisitem imun. Daging sapi sebagai bahan steak merupakan kelompok daging merah yang biasanya mengandung lemak jenuh. Jika dikonsumsi melebihi batas normal ini dapat memperbesar risiko seseorang terkena penyakit jantung. 


Tentu tidak selamanya steak berakibat buruk pada tubuh. Steak akan bermanfaat apabila diolah dengan benar dan matang sempurna, dikonsumsi dalam batas normal dan sesuai anjuran dokter atau ahli gizi. Seperti pada ibu hamil, dapat membantu pembentukan sel saraf di dalam otak janin, karena terdapat vitamin B12 pada daging steak. Tidak masalah apabila anda lebih suka steak dengan kematangan medium. Toh ini kembali ke selera kita masing-masing. Tapi tetap, bagi saya kesehatan harus diutamakan. Sungguh tidak enak kala badan ini sakit, walau hanya masuk angin sekalipun. Hehehe.


Asal usul steak dari hasil pencarian google, kata "steak" berasal dari kata dalam bahasa Skandinavia yaitu "steik" yang ada pada pertengahan abad ke-15 atau juga disebut "stickna" dalam dialek bahasa Inggris Tengah. Referensi pertama dalam The Oxford English Dictionary untuk kata "steak" adalah irisan daging tebal yang dipanggang atau digoreng. Steak pertama kali dikenalkan oleh tentara Inggris di Perancis setelah perang Waterloo. Biasanya masakan ini terbuat dari sekerat daging seberat 100  sampai 400 gram dengan saus minimalis dan menggunakan api arang.

Di zaman sekarang ada beberapa negara penghasil daging steak terbaik, seperti Jepang, Australia, Inggris, dan Kanada. Seperti yang kita tahu top teratas dipegang steak wagyu dari Jepang. Ini karena steak sangat empuk, lembut, dan mudah dikunyah. Corak marble putih pada daginglah yang berperan penting. Corak ini sebenarnya lemak, yang nantinya akan meleleh saat dimasak dan hasilnya daging menjadi empuk kala dikunyah. Tidaklah mudah membuat corak marble pada daging sapi. Peternak sapi wagyu di Jepang memberikan treatment khusus agar sapi selalu bahagia dan akhirnya memiliki daging super lezat. Tak tanggung-tanggung demi menjaga kebahagiaan, sapi wagyu diberikan pakan istimewa seperti rumput segar,  jagung, barley, berbagai macam vitamin bahkan juga kalsium. Selain itu, sapi wagyu juga mendapatkan pijatan secara teratur agar tidak stres. Selain itu untuk menjaga kulit sapi agar tidak dikerumuni hewan seperti lalat atau kutu, sapi wagyu dimandikan dengan menggunakan shake. Bahkan sapi-sapi itu juga meminum shake agar tetap bahagia dan jauh dari stres.


Nah perlakuan khusus tadi membuat timbul pertanyaan, terutama saat sapi diberi minum shake. Apakah daging sapi wagyu halal? Dalam Islam, shake atau alhkohol merupakan sesuatu yang dilarang. Itulah sebabnya wagyu dikategorikan sebagai daging sapi yang tidak boleh dikonsumsi. Tapi tenang, beberapa tahun lalu rumah potong hewan Zenkai Meat, di Kumamoto Jepang mendapat sertifikat halal resmi dari MUI. Zenkai Meat memastikan daging sapi mereka hanya diberi air mineral saja untuk treatment dan bukan menggunakan shake. Meskipun begitu, anda tetap harus berhati-hati. Saat akan menyantap steak wagyu pastikan dulu restoran yang anda kunjungi halal dengan mencari informasi atau review sebanyak-banyaknya. Nah yang paling simpel jika terlanjur masuk resto, tanyakan saja apakah steak wagyu mereka halal atau tidak.



Oke, sekarang kita menuju resep. Steak daging cincang ini bisa jadi variasi steak diluar sana, membuatnya cukup mudah. Yang terpenting tentu daging sapi cincang. Tapi tentu daging sapi bisa diganti daging ayam, ikan, atau bahkan tempe. Daging cincang tinggal dicampur bumbu dan bahan lain lantas dipanggang hingga matang. Memanggangnya bisa menggunakan alat barbeque, pemanggang sate, teflon, atau oven. Untuk diresep ini saya menggunakan pan merk happy call.


Pelengkapnya saya membuat tumis sayuran dan potato wedges. Jika tidak ingin repot menumis sayur, anda dapat merebus atau mengukusnya saja. Untuk potato wedges agar krispi, kentang yang telah direbus sebentar kemudian saya balur dengan tepung yang dicampur bumbu dan rempah italia lantas masuk freezer selama 1 jam, baru kemudian digoreng hingga krispi. Diluaran potato wedges disajikan tetap bersama kulitnya. Sedangkan diresep saya mengupasnya kulit tanpa tersisa sedikitpun. Ini karena mulut saya belum terbiasa, hehehe. Tapi jika anda suka dengan kulit kentang maka tidak perlu mengupasnya. Nah untuk saus saya membuat saus cokelat yang terasa manis, sedikit asin, dan beraroma rempah. Cokelat disini yang dimaksud bukan cokelat dari pohon kakao. Tapi cokelat berupa kata sifat yang berarti berwarna cokelat. Warna cokelat ini karena menggunakan gula jawa atau bisa juga menggantinya dengan gula palem.
Berikut step by step resep steak daging cincang dengan saus coklat, potato wedges, dan tumis sayuran dilengkapi foto!



Steak Daging Cincang dengan Saus Coklat, Potato Wedges, dan Tumis Sayuran

Untuk 3 porsi

Bahan steak daging cincang :
- 375 gram daging sapi cincang
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 butir telur ayam, kocok lepas
- 5 sendok makan tepung roti atau bread crumbs
- sedikit minyak, untuk memanggang daging

Bahan potato wedges :
- 5 buah kentang ukuran sedang
- 100 gram tepung terigu
- 1 sendok makan mixed herbs kering italia (mengandung basil, rosemary, oregano dan thyme)
- 1 1/2 sendok makan garam
- air untuk merebus
- minyak untuk menggoreng

Bahan tumis sayuran :
- 1 buah wortel, potong dadu
- 12 buah buncis, siangi, potong dadu + 1 sendok  makan garam
- 1 buah jagung manis, pipil
- 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
- 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 100 ml air

Bahan dan bumbu saus coklat :
- 1 sendok makan margarine
- 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sendok teh merica butiran
- 1/2 cm kayu manis
- 1/4 biji pala
- 3 sendok makan kecap manis
- 5 sendok makan puree tomat
- 1 sendok makan gula Jawa, sisir halus
- 2 butir cengkeh
- 300 ml air kaldu
- 1 sendok makan maizena larutkan dengan 3 sendok makan air
- 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
Membuat steak daging cincang





Saipkan pan anti lengket. Tuang minyak, panaskan. Tumis bawang bombay hingga harum dan sedikit layu. Masukkan bawang putih. Tumis hingga bawang bombay dan bawang putih layu dan matang. Sisihkan dan biarkan sampai agak dingin

Siapkan mangkuk. Masukkan daging, garam, merica, dan tumisan bawang bombay dan bawang putih. Aduk rata hingga tercampur. Masukkan telur dan tepung roti. Aduk kembali sampai menjadi satu. Tutup mangkuk dengan plastik wrap atau penutup lainnya. Masukkan kedalam chiller kulkas selama 1 jam agar bumbu meresap ke daging.



Keluarkan daging dari chiller kulkas. Bagi menjadi tiga bagian. Ambil satu bagian adonan. Kemudian bentuk bulat. Lalu pipihkan agak lebar dari bentuk steak yang anda inginkan. Karena saat dipanggang nanti daging akan mengkerut.

Siapkan pan anti lengket. Tuang sedikit minyak. Panaskan. Panggang steak dengan api kecil. Panggang selama 2 - 3 menit. Kemudian balik dan panggang sisi lainnya. Angkat dan sisihkan. Lakukan pada semua adonan daging.

Membuat potato wedges



Siapkan kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih. Belah menjadi dua. Kemudian belah lagi menjadi dua. Setelah mendapat 4 potongan, belah kembali masing-masing menjadi dua. Sehingga kita mendapatkan 8 potongan dari 1 buah kentang.



Masukkan kentang yang telah dipotong kedalam air agar warnanya tidak berubah. Lakukan sampai semua kentang terpotong habis. Cuci bersih potongan kentang sambil diremas-remas perlahan sebanyak 4 - 5 kali untuk menghilangkan patinya.

Siapkan paci, tuang air agak banyak. Masukkan 1 sendok makan garam kemudian didihkan. Masukkan kentang, rebus selama 7 menit atau sampai 3/4 matang. Angkat dan tiriskan.

Siapkan wadah yang ada penutupnya. Masukkan tepung terigu, 1/2 sendok makan garam, dan mixed herbs. Aduk rata.



Masukkan kentang yang telah ditiriskan. Tutup wadah. Kocok-kocok perlahan wadah sampai kentang terlumur tepung dengan baik. Letakkan diwadah lain. Lakukan sampai semua kentang habis terlumur tepung.



Tata kentang diwadah. Jangan berdekatan dan bertumpukan. Masukkan ke frezzer kulkas selama minimal 4 jam atau semalaman.



Siapkan wajan, beri minyak agak banyak. Panaskan hingga benar-benar panas dengan api besar. Karena jika minyak tidak panas, kentang akan menyerap minyak dan akhirnya kentang tidak krispi. Saat akan memasukkan kentang, kecilkan api. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan sampai semua kentang habis. Sisihkan.

Membuat tumis sayuran



Siapkan buncis dan sayuran lainnya. Letakkan buncis dalam sebuah mangkuk beri 1 sendok makan garam. Aduk rata. Diamkan selama minimal 15 menit. Kemudian cuci bersih.

Siapkan pan anti lengket. Tuang minyak dan panaskan. Tumis bawang bombay sampai harum dan layu. Masukkan bawang putih, tumis hingga harum.



Masukkan wortel, tumis hingga sedikit empuk. Masukkan jagung, aduk rata dan tumis sampai setengah layu. Masukkan buncis, tumis sampai setengah layu. Tuang air, masukkan garam, gula, dan merica. Aduk rata. Masak sampai air menyusut. Cicipi rasanya. Bila kurang pas, tambahkan garam atau gula. Sisihkan.

Membuat saus coklat



Haluskan bawang putih, merica butiran, kayu manis, dan pala. Haluskan hingga benar-benar halus. Siapkan panci, masukkan margarine dan panaskan hingga meleleh. Masukkan bawang bombay, tumis hingga harum dan layu. Masukkan bumbu halus, tumis sampai tercium harum rempah.

Masukkan kecap manis, puree tomat, gula jawa, dan cengkeh. Aduk rata dan masak sampai meletup-letup. Masukkan air kaldu. Masak sampai mendidih.



Tuang larutan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai tercapai kekentalan yang diinginkan. Masukkan garam aduk rata. Cicipi kembali rasanya. Tambahkan garam bila diperlukan.

Penyelesaian



Siapkan piring. Tata potato wedges, tumis sayuran, dan steak daging cincang. Tuang saus coklat secukupnya. Santap selagi hangat. Mantap!

Sumber:
Just Try and Taste, Beef Cheese Burger

loading...

0 Response to "Resep Steak Daging Cincang dengan Saus Coklat, Potato Wedges, dan Tumis Sayuran"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code