Resep Breakfast Tortilla a la Ngemil Sore


Resep Breakfast Tortilla a la Ngemil Sore. Pernah sekali saya melewatkan sarapan. Waktu itu hari senin dan karena saya bangun kesiangan. Terburu-buru dan membayangkan hukuman yang diberikan Guru BK jika saya tidak ikut upacara membuat saya terlupa menyantap nasi walau hanya sesendok. Ngos-ngosan mengayuh sepeda, menempuh jalan yang becek penuh lumpur akhirnya saya sampai disekolah. Untunglah upacara belum dimulai. Matahari bersinar tanpa ada awan satupun menutupinya. Panasnya merasuk ketubuh saya dan lainnya yang berbaris rapi mengikuti jalannya upacara. Pembina upacara yang menyampaikan pidatonya berbicara ngalor-ngidul entah apa intinya saya tidak peduli. Karena sejak awal perut terasa mual, membuat saya tidak konsentrasi dengan upacara. Kemudian ditengah jalannya upacara, keringat saya bercucuran, kepala terasa pusing, dan badan rasanya ingin roboh. Teman disebelah saya yang melihat keringat sebesar biji jagung lantas memanggil anggota osis yang ada dibelakang barisan kami. Saya lantas dibawa ke UKS dan beristirahat sejenak disana. Terimakasih Tuhan, akhirnya bisa meneduh dari panasnya matahari dan mengistirahatkan kaki yang dari tadi pegal berdiri. Sejenak saya memejamkan mata, menarik nafas panjang, menyenderkan badan yang dari tadi ingin ambruk. Seharian itu di sekolah saya hanya meletakkan kepala dimeja. Tidak memperhatikan pelajaran dan hanya menahan pusing dan mual akibat lupa tidak sarapan. Sungguh tidak enak menahan semua itu.



Oke, untuk mencegah hal itu terjadi lagi, saya lantas lebih rajin bangun pagi dan selalu menyempatkan sarapan walau terburu-buru sekalipun. Seberapa pentingkah sarapan? Sarapan sangat penting karena bertujuan untuk menyediakan energi selama beraktifitas. Sarapan membuat anda tidak cepat lelah dan mengantuk selama bekerja atau belajar. Selain itu, otak kita akan bekerja lebih optimal lagi. Jadi, sarapan adalah hal wajib jika anda seorang pelajar. Melewatkan sarapan akan membuat anda merasa lebih lelah dan sulit berkonsentrasi. Selain itu, juga dapat menimbulkan gangguan pencernaan, kadar glukosa darah yang tidak stabil, dan beresiko resistensi insulin hingga diabetes.



Sedangkan bagi anak-anak, sarapan tak kalah pentingnya. Sarapan pagi merupakan awal persiapan otak anak untuk menerima pelajaran di sekolah, dengan sarapan pagi otak menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal. Beberapa pengaruh besar dari sarapan pagi pada anak-anak seperti, anak tidak lesu dalam menyimak pelajaran, mencegah anak jajan sembarangan saat lapar, mencukupi kebutuhan gizi seimbang untuk tumbuh kembang si anak, dan mendukung kecerdasan dan kreativitas anak dalam mengembangkan dirinya.


Di Indonesia, ada banyak sekali menu sarapan. Contohnya lontong sayur medan, nasi uduk betawi, nasi liwet solo, nasi gudeg jogja, nasi pecel madiun jawa timur, bubur manado, dan masih banyak lagi. Sedangkan sarapan yang merakyat dan murah meriah seperti bubur ayam, nasi goreng, dan nasi dengan telur ceplok atau dadar. Satu lagi, jangan sampai terlewat si penyalamat kala dompet tipis, mie goreng instan.


Oke, sekarang kita menuju ke resep. Resep ini cocok jika anda ingin sarapan yang berbeda dari menu sarapan yang saya sebutkan diatas. Resep ini berupa roti tortilla yang diberi scrambled egg alias telur orak-arik a la barat, potongan sosis dan bakso, serta acar cabai. Kemudian diberi guyuran saus tomat atau saus sambal sesuai selera. Tetapi disini saya tidak menggunakan keduanya, melainkan menggunakan sambal tomat buatan ibu karena ingin rasa yang lebih pedas. Hehehe.

Untuk membuat scrambled egg sangat mudah. Cukup kocok telur besama susu dan bahan lainnya hingga rata. Kemudian dituang ke wajan dan tunggu beberapa detik hingga sedikit mengeras. Lantas diaduk hingga telur bergeridil. Jangan masak telur sampai berkulit seperti pinggiran telur dadar. Srambled egg yang bagus, bagian luarnya tetap halus mulus tanpa ada bagian kering kecoklatan. Untuk roti tortilla dan acar cabai saya membuatnya sendiri. Tetapi saya tidak mempostingnya di blog. Jika anda ingin membuatnya sendiri silahkan klik disini dan disini.

Berikut step by step resep breakfast tortilla a la ngemil sore dilengkapi foto!



Breakfast Tortilla
Tortilla dengan isi scrambled egg, sosis, dan bakso. Makin lengkap dengan saus pedas dan acar cabai.

Untuk 8 buah tortilla

Bahan :
- 8 buah tortilla, diameter 15 cm
- 6 buah sosis ukuran kecil, iris serong tipis
- 10 buah bakso ukuran sedang, iris tipis
- 2 sendok makan minyak

Bahan Scrambled Egg :
- 8 butir telur
- 120 ml susu cair
- 1 batang daun bawang, cincang kasar
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica
- 2 sendok makan minyak

Pelengkap :
- Acar cabai
- Saus pedas sesuai selera (misal : salsa, saus sambal, atau sambal terasi juga bisa)

Cara Membuat :


Siapkan wajan. Tuang 2 sendok makan minyak, panaskan. Masukkan sosis yang telah diiris. Tumis hingga sosis berwarna lebih merah. Angkat dan sisihkan.

Masukkan bakso ke wajan bekas menumis sosis. Tumis bakso hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.

Membuat Scrambled Egg



Siapkan mangkuk, masukkan semua telur dan susu cair. Kocok hingga telur dan susu tercampur rata.

Masukkan daun bawang. Aduk rata. Masukkan garam dan merica. Aduk kembali hingga tercampur rata.


Siapkan wajan. Saya menggunakan wajan bekas menumis sosis dan bakso. Tuang 2 sendok makan minyak, panaskan. Tuang kocokan telur. Biarkan hingga bagian bawah mengeras.

Jika telah mengeras, aduk telur hingga menggumpal. Aduk terus telur hingga tidak ada lagi cairan namun masih tetap lembab. Jika ada gumpalan telur yang terlalu besar, pisahkan hingga menjadi kecil dengan ujung spatula. Masak sampai telur terasa hangat. Angkat dan sisihkan.

Catatan : Jaga agar telur tidak mengering seperti bagian pinggir telur dadar. Karena yang dicari adalah telur yang berwarna kuning merata.

Penyelesaian


Siapkan pan anti lengket, panaskan dengan api kecil. Panggang tortilla selama 1 menit. Balik, lalu panggang sisi lainnya hingga matang. Angkat. Lakukan pada tortilla lainnya.


Siapkan tortilla yang telah dipanggang. Tuang 2 sendok makan srambled egg. Lanjutkan dengan sosis dan bakso. Tambahkan saus pedas sesuai selera dan acar cabai. Santap selagi hangat. Yammm! 
loading...

0 Response to "Resep Breakfast Tortilla a la Ngemil Sore"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code