Resep Pizza BBQ Daging Sapi


Resep pizza bbq daging sapi-. Masa kecil saya bisa dikatakan sebagai anak pelosok. Menjadikan saya jarang bersentuhan dengan yang namanya perkotaan. Walaupun sebenarnya jika ditempuh dengan sepeda motor hanya memakan waktu 1 jam 30 menit saja untuk sampai ke pusat wisata Jogja, seperti Malioboro. Tapi yang jadi masalah waktu kecil orang tua saya belumlah memiliki sepeda motor. Jadi, misalkan ingin berkunjung ke kota saya hanya bisa mengandalkan wisata rombongan bus satu desa. Itu pun sangat jarang di adakan. Jika ada, itu pasti dirangkap dengan acara lain. Entah itu menjenguk orang sakit atau menghadiri acara pernikahan, baru kemudian mampir ke tempat wisata. Apa mungkin hanya desa saya yang melakukan hal ini? Bagaimana dengan desa/tempat anda tinggal?



Jarang berkunjung ke kota, budget orang tua saya yang minim waktu itu, membuat saya hanya bisa ngiler kala melihat iklan pizza hut, mc d, dan lainnya muncul di televisi. Membayangkan seperti apa rasanya makan roti bertoping daging atau daging panggang yang diapit setangkup roti. Ingin rasanya meminta ke orang tua, tapi hati saya tidak tega dengan kondisi keuangan mereka waktu itu. Saya hanya bisa bermimpi ada seorang kurir pizza hut nyasar ke rumah, memberikan satu loyang pizza gratis. Hmmm, khayalan anak kecil memang kadang diluar logika.




Beberapa hari kemudian sepulang dari sekolah, sambil melangkahkan kaki masuk ke dalam rumah mata saya langsung tertuju ke meja tamu. Terdapat sebuah kotak disana, membuat rasa penasaran saya muncul. Saya lantas membukannya dan seketika mata saya melotot. Melihat berbagai roti dengan aneka toping buatan bakery yang jarang, jarang, dan jarang saya mencobanya. Ternyata ibu habis menengok sepupu saya di kota yang baru melahirkan dan roti-roti itu merupakan oleh-olehnya. Anak pelosok seperti saya tentulah bahagia dapat mencoba aneka roti itu. Karena biasanya oleh-oleh orang yang baru melahirkan di tempat saya itu berupa lapis legit, bolu gulung selai nanas, bakpia, dan mentoknya telur asin. Sumpah, anak-anak seperti saya dulu mungkin sudah bosan dengan makanan seperti itu. Nah, dari sekian banyak variasi roti, ada satu yang membuat saya sumringah. Yakni sepotong pizza dengan toping sosis dan keju, membuat tangan saya dengan cepat mengambilnya. Tak perlu basa-basi lagi saya langsung menyantap pizza itu. Yup, inilah pertama kali saya mencoba pizza. Ternyata pizza sangatlah lezat, sayangnya hanya ada satu potong saja saat itu. Membuat saya belum puas mencobanya. Lantas, dengan polosnya saya menetapkan pizza itu sebagai pizza terlezat di dunia yang wajib untuk dicoba. 


Oke, kita tinggalkan sejenak masa kecil saya yang kadang membuat malu sendiri kala mengingatnya. Resep pizza ini saya buat tanpa menggunakan oven. Sebagai gantinya, saya menggunakan pan dobel merk happy call. Saya agak meragukan keaslian pan saya ini. Pasalnya, bentuk tulisan happy call yang ada di pan sangatlah berbeda dengan happy call yang ada di pasaran. Terlepas dari asli atau tidaknya, yang jelas saya berhasil membuat pizza dengan pan ini. Jika anda tidak memiliki pan dobel seperti saya, anda dapat menggunakan rice cooker. Iya, rice cooker. Sudah banyak resep pizza di internet yang memanggangnya menggunakan rice cooker. Beberapa resepnya disini. Saya pun pernah mencoba, dan yang agak membedakannya hanya bagian dasar agak kering dan sedikit keras. Nah, jika anda menggunakan pan dobel tipsnya adalah giling adonan pizza setipis mungkin. Adonan yang tipis akan mempercepat proses pematangan. Sedangkan adonan yang tebal akan sulit untuk matang secara keseluruhan. Karena sumber panas yang hanya berasal dari bawah membuat bagian dasar pizza cepat matang dan gosong tetapi bagian atas belum matang. Selain itu, gunakan api yang kecil. Api yang kecil akan membuat panas merata dan akan mematangkan pizza secara perlahan tanpa membuatnya gosong. Memanggangnya tak perlu lama, cukup 7 menit saja. Jangan lupa cek bagian dasar setiap 2 menit. Jika sudah tampak sedikit bagian yang gosong segera matikan api kompor dan biarkan pizza tetap berada di pan dalam kondisi tertutup. Sisa panas di pan akan mematangkan bagian atas pizza tanpa membuat dasarnya gosong.



Untuk saus pizza, saya menggunakan sisa saus tomat rempah italia di resep daging pukul krispi. Klik disini untuk melihat resepnya. Saus yang masih kasar lantas saya blender hingga halus dan lembut. Kemudian saya masak sebentar sampai meletup-letup di panci. Saus tinggal dioles saja di pizza yang akan kita buat. Sedangkan topingnya, saya membuat barbeque daging yang kemudian diiris tipis. Untuk membuatnya sangat simpel, daging tinggal dibumbui dengan saus dan didiamkan beberapa menit kemudian dipanggang sebentar sampai kecoklatan. Saus barbeque bisa anda dapatkan di supermarket terdekat. Nah, jika ada yang bertanya saus barbeque versi homemade, resepnya saya akan posting segera. Toping tidak harus dari daging yang dibuat barbeque. Anda juga bisa menggunakan potongan ayam, sosis, atau aneka sayuran.

Berikut resep pizza bbq daging sapi dengan step by step dilengkapi foto!


Pizza BBQ Daging Sapi

Untuk 1 buah pizza dan 4 adonan pizza

Bahan adonan pizza:
- 500 gram tepung terigu protein tinggi
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh (7 gram) ragi instant
- 50 ml minyak
- 400 ml air es
- sedikit terigu untuk taburan

Bahan saus pizza :
- 2 sendok makan minyak, untuk menumis
- 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 3 buah cabai merah keriting, haluskan (optional)
- 5 buah tomat
- Air panas, secukupnya untuk merendam tomat
- 7 sendok makan puree tomat
- 125 ml air kaldu daging
- 125 ml air
- 1 1/4 sendok teh mixed herbs italia
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan gula pasir

Bahan bbq daging sapi :
- 100 gram daging sapi, potong menjadi 5 bagian
- 4 – 5 sendok makan saus barbeque

Cara membuat:

Membuat saus pizza


Siapkan wadah masukkan tomat. Tuang air panas sampai tomat agak terendam. Diamkan selama 15 menit. Tiriskan. Belah tomat menjadi dua. Buang bijinya. Kemudian cincang kasar. Haluskan bawang putih dan cabai merah hingga benar-benar halus.


Siapkan pan anti lengket. Tumis bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan bawang putih dan cabai merah yang telah dihaluskkan. Tumis hingga tercium wangi bumbu. Masukkan tomat cincang. Aduk rata dan tekan-tekan tomat sampai agak hancur. Masukkan puree tomat. Aduk dan masak sampai ada letupan-letupan kecil.


Tuang air kaldu daging dan air. Aduk rata dan masak sampai mendidih. Masukkan mixed herbs italia, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata dan masak sampai mengental. Masukkan garam, aduk rata. Cicipi kembali rasanya, tambahkan kembali garam jika kurang asin. Angkat dan sisihkan.


Tunggu saus hingga agak dingin. Siapkan blender dan tuang saus. Kemudian blender hingga halus. Siapkan panci, tuang hasil blenderan. Masak kembali saus hingga meletup-letup sambil diaduk. Angkat dan biarkan hingga agak dingin.

Membuat bbq daging sapi


Siapkan mangkuk. Masukkan potongan daging dan saus bbq, aduk rata. Biarkan selama 15 menit hinga saus meresap. Siapkan pan anti lengket dan panaskan. Letakkan daging ke pan dan panggang sampai kecoklatan.


Balik dan panggang sisi lainnya hingga kecoklatan. Olesi kembali daging dengan saus. Masak kembali hinga saus meresap dan kecoklatan. Angkat dan biarkan hingga agak dingin.


Setelah dingin, potong-potong daging dengan pisau tajam menjadi irisan yang tipis

Membuat adonan pizza


Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata. Masukkan ragi, aduk kembali hingga rata. Tuang air es dan minyak, biarkan hingga air dan minyak meresap. Dengan menggunakan spatula, aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang basah.


Uleni adonan menggunakan tangan. Tarik adonan dari bagian tepi mangkuk dan lipat ke atas. Putar-putar mangkuk selama menguleni adonan agar semua sudut adonan teruleni dengan baik. Uleni hingga kalis dan adonan tidak menempel di dinding mangkuk tapi masih melekat di dasar.


Siapkan talenan atau meja yang telah ditaburi dengan tepung terigu, letakkan adonan ke atasnya, bagi adonan menjadi 4 bagian. Taburi bagian atas adonan dengan tepung dan bentuk masing-masing bagian menjadi bulat.


Lumuri masing-masing bulatan adonan dengan minyak, masukkan ke dalam kantung plastik, keluarkan udara yang terdapat dalam kantung dan ikat ujung plastik rapat-rapat. Masukkan plastik berisi adonan ke dalam kulkas, diamkan selama semalam.

Keluarkan adonan pizza dari dalam kulkas dan plastik, letakkan adonan di atas talenan yang telah ditaburi tepung terigu. Tutup adonan dengan kain atau serbet bersih. Biarkan adonan selama 1 sampai 1 1/2 jam hingga menggembang.


Setelah mengembang, taburi permukaannya dengan terigu kemudian gilas hingga tipis. Pindahkan adonan ke pan dan tusuk-tusuk menggunakan garpu. Tuang sekitar 2 sendok makan saus pizza dan olesi hingga rata.


Letakkan daging yang telah dipotong-potong dan tuang sedikit saus barbeque kemudian taburi dengan keju.


Tutup pan dengan bagian atasnya hingga berbunyi "klik" pada pegangan. Nyalakan api kompor di bagian paling kecil. Panggang pizza selama 7 menit. Setiap 2 menit, cek bagian bawah pizza. Jika sudah mulai sedikit gosong segera matikan api. Tutup pan dan biarkan pizza berada didalam selama 2 - 3 menit.

Catatan : cara ini dapat membuat pizza tetap matang tanpa membuatnya gosong dibagian dasar.

Letakkan pizza di talenan dan potong menjadi 6 bagian. Pizza siap disajikan. Yaammmm!

Sumber :
Cookpad, Pizza Rice Cooker
loading...

0 Response to "Resep Pizza BBQ Daging Sapi"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code