Resep Spaghetti Aceh, mie aceh tapi pakai spaghetti


"Lebih suka mana, spaghetti atau mie?" jika saya ditanya seperti itu, saya akan memilih keduannya. Karena bagi saya tidak adil jika harus memilih salah satu. Memang kelihatan agak maruk alasan saya. Tapi spaghetti dan mie, terutama mie sudah sejak kecil saya memfavoritkannya. Ketika ada besekan kenduri - yang biasanya terdiri dari berbagi macam lauk - hal yang pertama saya cari adalah mie goreng yang terasa sedikit pedas dan berwarna coklat, dibandingkan lauk lainnya. Bahkan adik saya sering tidak kebagian saking maruknya saya.




Saya mengambil tidaklah banyak untuk lauk makan siang saya. Tetapi saya adalah tipe orang yang mudah lapar. Setiap menitnya mulut saya selalu ingin mengunyah sesuatu. Dengan santainya, saya mengambil sejumput mie jatah adik saya. Terlihat masih banyak tersisa. Tapi, sejumput demi sejumput saya mengambil mie itu dan akhirnya tinggallah sudi (wadah untuk meletakkan mie) yang tersisa. Adik saya yang sepulang dari bermain lantas bertanya ke ibu saya, "mie buat aku mana?". Ibu saya kemudian mengecek besekan kenduri dan melihat sudi mie telah kosong lantas menyindir saya, "hayo, tadi yang menghabisin mie siapa ya?" dengan nada santai dan mengedipkan mata ke saya.


Oke, berbeda ceritannya dengan spaghetti. Awal mula saya mencicipinya, ketika saya berkunjung ke restoran yang sudah mendunia dan memiliki cabang dimana-mana, Mc D. Saya memang belum lama mencicipi spaghetti, sekitar 4-5 tahun yang lalu. Waktu dulu belumlah ada spaghetti instan yang mudah ditemukan. Jadi haruslah rela ke Mc D hanya untuk mencicipi seperti apa rasa spaghetti yang ala-ala barat. Ketika berkunjung disana, saya hanya memesan 1 porsi saja. Karena ketagihan, di hari yang berbeda saya bekunjung lagi kesana dan kali ini memesan 2 porsi. Semuanya saya habiskan sendiri. Ya ya, saya akui kalau saya memang maruk.

Spaghetti dan mie, keduanya berbeda dan memiliki keistimewaannya sendiri. Itulah mengapa saya memfavoritkannya. Saya paling suka dengan sensasi "slruuupp" ketika menyantapnya. Apalagi di jaman sekarang makin banyak variasi keduannya yang membuat lidah ingin mencicipi semuanya dan dompet menangis seperti di iklan elevenia.


Oke, resep spaghetti aceh ini saya hadirkan karena sudah lama saya tidak menyantap spaghetti. Juga sebagai tambahan variasi resep spaghetti di luar sana. Idenya adalah mengganti bahan mie dengan spaghetti. Resep awalnya ialah mie aceh yang sudah terkenal dan menjadi kuliner wajib kala berkunjung ke Aceh. Resep ini wajib anda coba, karena akan menghadirkan spaghetti yang berbeda dari biasanya. Spaghetti yang umumnya beraroma rempah Itali kini dapat beraroma rempah khas masakan Indonesia. Tetapi jika tidak ada spaghetti, mie bisa menggantikannya dan akhirnya menjadi resep mie aceh yang sesungguhnya.

Berikut step by step resep spaghetti aceh dengan jamur dilengkapi foto!


Spaghetti Aceh dengan Jamur

Untuk 3 porsi

Bahan spaghetti aceh :
- 200 gram spaghetti kering
- 5 siung bawang merah, cincang halus
- 300 ml kaldu ayam
- 1 batang daun bawang, cincang halus
- 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus :
- 4 siung bawang putih
- 4 buah cabai merah
- 2 cm kunyit
- 1 cm jahe
- 2 butir kapulaga
- 3 butir kemiri
- 1/4 sendok teh jinten
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh ketumbar bubuk

Bahan lain, aduk rata dalam mangkuk :
- 2 sendok makan saus tomat
- 1 1/2 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh cuka

Bahan tumis jamur :
- 300 g jamur kancing, potong-potong
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 50 ml air
- 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Cara membuat :
Membuat spaghetti aceh


Siapkan panci, tuang air agak banyak dan masak hingga mendidih. Masukkan spaghetti dan rebus satu menit lebih cepat dari petunjuk di kemasan. Misalkan dikemasan ditulis rebus selama 8 menit, maka cukup rebus selama 7 menit saja. Satu menit sisanya digunakan saat menumis bersama bumbu. Angkat dan tiriskan.

Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang merah hingga harum. Masukkan bumbu halus, aduk dan tumis sampai harum.


Masukkan bahan yang diaduk dalam mangkuk. Aduk hingga tercampur rata dan meletup-letup. Tuang kaldu ayam, masak sampai mendidih. Tunggu sesaat sampai air berkurang setengah.


Masukan spaghetti. Aduk-aduk sampai bumbu meresap. Masak selama kurang lebih 5 menit dan air tersisa sedikit. Cicipi rasanya, tambahkan garam bila kurang asin. Matikan api, masukkan daun bawang. Aduk rata. Biarkan spaghetti tetap di wajan selama 10 menit, spaghetti akan menyerap air yang masih tersisa.

Membuat tumis jamur


Siapkan wajan anti lengket. Panaskan minyak. Masukkan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan air, merica, garam, dan gula. Aduk rata.

Masukkan jamur, aduk rata. Masak sampai jamur sedikit layu. Cicipi rasanya, tambahkan gula dan garam bila kurang pas. Angkat.

Penyajian

Siapkan piring. Tata spaghetti, jamur, kacang goreng, ketimun, dan taburi bawang merah goreng secukupnya. Sajikan dengan emping. Mantap!
loading...

0 Response to "Resep Spaghetti Aceh, mie aceh tapi pakai spaghetti"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code