Resep Orak-Arik Telur dan Sayuran, pas buat yang udah eneg sama masakan bersantan


Dua hari ini saya selalu ditemani dengan sambal goreng kreni buatan ibu saya.

Sebenarnya resep sambal goreng kreni yang saya posting kemarin, sudah saya masak beberapa bulan yang lalu (klik disini untuk melihat resepnya). Dan kini ibu saya membuatnya untuk hidangan saat lebaran, karena banyak saudara ibu saya yang datang ke rumah saat lebaran. Jadi di akhir-akhir bulan ramadan ibu saya sibuk membuat si sambal goreng. Dan daripada menggangu ibu saat sedang sibuk-sibuknya maka saya membuat sambal goreng kreni itu jauh hari sebelum idul fitri ini tiba. Sehingga ibu dan saya tidak berebut dapur untuk kepentingan ibu menyuguh tamu dan saya memotret untuk postingan di blog.


Lihat juga resep simpel lainnya :

Okeh, dua hari dengan masakan yang sama dan bumbu yang kuat lama-lama membuat saya eneg dan bosan.

Sebenarnya tidak bisa dihitung dua hari. Ibu saya memasaknya sehari sebelum hari H. Dan saat sudah matang saya pun segera menyantapnya. Dari hari itu saya hanya menyantap si sambal goreng saja. Dalam kondisi seperti ini saya sangat merindukan sayuran dengan bumbu yang simpel dan tanpa santan tentunya.


Saya lantas membuka-buka buku resep dari Mbak Endang pemilik blog JTT.

Dari situ saya menemukan resep orak-arik telur dengan jamur yang terlihat simpel dan bumbunya tidak neko-neko. Sekedar sharing, sejujurnya saya mendapat buku dari Mbak Endang ini secara gratis. Yup, saya waktu itu mengikuti give away yang diadakan Mbak Endang. Dan tidak saya sangka saya menjadi salah satu yang mendapatkan buku itu secara gratis. Saat itu saya serasa mendapat award piala dan berpidato singkat diatas podium. Hah! Lebay! Hehe. Anda bisa mengeceknya disini.


Kembali ke orak-arik.

Terinspirasi dari resep orak-arik jamur saya pun membuatnya kemarin. Tapi versi tanpa jamur dan saya juga menambahkan beberapa sayuran. Nah saat memasak kemarin tentulah saya tidak memotretnya. Karena saat lebaran ini begitu sibuk mengunjungi dan dikunjungi saudara sehingga tidak memungkinkan memotret walaupun masakannya sesimpel ini.


Nah resep ini saya buat beberapa bulan lalu untuk mengantisipasi jika anda sedang mencari resep simpel karena sudah bosan dengan masakan bersantan seperti saya. Selain resep ini ada juga resep kembang kol lada hitam dan pakcoy siram jagung. Anda bisa melihat resepnya disini dan disini. Selebihnya membuat orak-arik ini sangatlah mudah. Oh ya, saya dan blog ngemil sore mengucapkan Selamat Idul Fitri 1438 H. Mohon maaf apabila dalam menulis resep dan artikel serta kata-kata yang tertuang didalamnya tidak berkenan dihati. Saya memohon maaf.

Berikut resep step by step orak-arik telur dan sayuran dilengkapi foto.


Orak Arik Telur dan Sayuran

Untuk 4 – 5 porsi

Bahan :
- 3 butir telur ayam + 1/2 sendok teh garam
- 100 gram buncis, iris serong + 1 sendok teh garam
- 1 bonggol brokoli, potong per kuntumnya
- 1 buah wortel, belah dua kemudian iris serong
- 4 siung bawang merah, iris tipis
- 3 siung bawang putih
- 1 ruas jari jahe
- 1 sendok teh lada hitam butiran
- 1 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh cuka
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 batang daun bawang, iris serong
- 50 ml air
- 100 ml air
- 1 sendok makan minyak, untuk menumis telur
- 2 sendok makan minyak, untuk menumis sayuran

Cara membuat :


Siapkan mangkuk, kocok telur bersama garam hingga tercampur rata. Siapkan wajan, tuang minyak (untuk menumis telur) dan panasakan. Masukkan telur yang telah dikocok. Biarkan beberapa detik hingga bagian dasar telur sedikit mengeras. Aduk-aduk hingga telur bergerindil dan tercerai berai. Angkat dan sisihkan.


Siapkan mangkuk. Masukkan buncis yang telah diiris. Tambahkan 1 sendok teh garam dan aduk rata. Biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci bersih sampai 2 atau 3 kali. Buncis akan lebih kesat dan berwarna lebih hijau. Sisihkan.


Siapkan cobek atau blender. Haluskan bawang putih, jahe, dan lada hitam butiran. Sisihkan.

Siapkan wajan. Tuang minyak (untuk menumis sayuran) dan panaskan. Masukkan bawang merah dan tumis hingga harum. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan (bawang putih, jahe, dan lada hitam butiran) dan tumis hingga harum. Tuang air (50 ml air) aduk-aduk dan tumis hingga air sedikit berkurang.


Masukkan kecap manis, kecap asin, dan cuka. Aduk-aduk dan masak hingga meletup-letup. Masukkan batang brokoli dan wortel. Tumis selama satu menit. Tambahkan brokoli, aduk dan masak selama satu menit. Masukkan buncis, aduk-aduk selama beberapa detik.

Tuang air, masukkan garam dan gula pasir. Aduk rata. Tutup wajan dan masak hingga air berkurang. Masukkan telur yang telah diorak-arik. Aduk selama beberapa detik.


Cicipi rasanya, tambahkan gula dan garam bila kurang pas. Matikan api, masukkan daun bawang aduk rata. Angkat dan orak-arik siap disajikan. Mantap!

Sumber dan inspirasi :
loading...

0 Response to "Resep Orak-Arik Telur dan Sayuran, pas buat yang udah eneg sama masakan bersantan"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code