Resep Homemade Saus Tomat dan Puree Tomat



Resep Homemade Saus Tomat dan Puree Tomat. Tak lengkap rasanya bersantap bakso atau pun mie ayam tanpa pendamping satu ini, saus tomat. Sudah menjadi kebiasaan saya, kala mampir di warung bakso dekat jembatan progo, saya selalu memesan seporsi bakso komplit dan dengan tanpa dosa mengucurkan saus tomat yang melimpah ruah memenuhi mangkok. Karena terlalu bersemangat, beberapa kali saus menyiprat ke baju dan akhirnya menjadi PR yang wajib saya dikerjakan nanti di rumah. Saya memang penggila berat saus seperti ini. Tak hanya sebagai teman makan bakso, saya juga sering mengucurkan pada makanan lain yang menurut saya pas bersanding dengannya. Paling sederhana, saya mendampingkannya dengan semangkuk mie instan kuah panas dengan asap yang mengepul. Hmm. Saya ngiler membayangkannya. Namun lama kelamaan kegilaan saya ini berkurang seiring berjalannya waktu.



Semenjak seringnya saya menonton acara investigasi di TV, saya mulai membatasi mengkonsumsi saus tomat. Saya yang semula sering mengucurkan saus banyak-banyak kini hanya sekitar setengah sendok makan saja. Bahkan seringnya sekarang saya hanya menggunakan kecapnya saja. Itu pun masih dengan rasa was-was. "Apakah di kecap juga ada bahan campuran yang aneh-aneh?" itulah pertanyaan di hati saya. Untuk saus memang sudah terbukti mengandung bahan pewarna yang tidak baik. Karena waktu baju saya terkena saus, beberapa kali dicuci noda saus tetap saja stay dan tak mau move on dari baju saya.



Jika anda sering melihat resep yang saya posting, saya lebih sering menggunakan puree tomat dibandingkan saus tomat botolan. Tujuannya hanya untuk menghindari akibat buruk yang mungkin ditimbulkan. Tetapi terkadang menggunakan puree tomat saja tidak cukup menimbulkan rasa yang mantap di masakan. Untuk itu saya mengekstrakan waktu dan tenaga untuk membuat sendiri saus tomat dirumah demi rasa masakan yang lebih nendang. Membuat saus tomat ini memang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Dari mulai membuat sendiri puree tomat hingga menjadikannya saus tomat ditambah harus membersikan sendiri perabot yang kotor. Jadi buatlah ketika perut anda telah terisi dengan makanan agar tiba-tiba tidak pingsan ditengah proses memasak.

Karena rasa saus tomat ini benar-benar sedap, saya telah menghabiskan setengahnya hanya untuk cocolan mendoan goreng. Tobat! Agar saus tomat ini lebih terasa mantap, simpan terlebih dahulu dalam chiller kulkas selama minimal semalam. Keesokannya saus tomat akan terasa lebih sedap dan siap menemani sarapan telur dadar anda. Atau tepatnya telur dadar saya.

Berikut step by step homemade saus tomat dilengkapi foto.


Homemade Saus Tomat dan Puree Tomat

700 ml puree tomat
400 - 500 ml saus tomat

Bahan puree tomat :
- 1 kilogram tomat
- Air secukupnya untuk merebus

Bahan saus tomat :
- 700 ml puree tomat
- 1 sendok makan minyak
- 1 buah bawang bombay, cincang halus
- 2 batang seledri, simpulkan
- 4 sendok makan gula jawa
- 2 sendok makan gula pasir
- 2 sendok makan madu
- 3 sendok teh garam
- 1 butir cengkeh

Bumbu halus :
- 5 siung bawang putih
- 1 cm jahe
- 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/4 buah pala

Cara membuat :
Membuat puree tomat


Siapkan tomat, beri keratan pada bagian atas dan bawah tomat. Siapkan panci, tuang air dan didihkan. Masukkan tomat yang telah dikerat. Rebus tomat selama 10 – 15 menit atau hingga kulit tomat mengelupas. Angkat dan tiriskan.

Tunggu tomat hingga dingin. Anda juga dapat memasukkannya ke air es agar lebih cepat dingin. Kupas tomat dan buang kulitnya. Lakukan hingga tomat habis.


Belah tomat menjadi empat bagian. Lakukan hingga tomat habis. Siapkan blender, masukkan semua tomat tomat yang telah dipotong. Blender hingga halus.

Siapkan panci. Tuang hasil blenderan tomat. Masak selama 1 – 2 menit hingga meletup-letup.

Catatan : Sampai disini anda sudah mendapatkan kurang lebih 700 ml puree tomat. Puree tomat bisa anda gunakan untuk membuat saus pasta atau hidangan lainnya yang menggunakan tomat halus.

Membuat saus tomat



Panaskan minyak. Tumis bawang bombay sampai harum dan layu. Masukkan bumbu halus, tumis sampai harum.

Tuang puree tomat. Tambahkan seledri, gula jawa, gula pasir, madu, garam, dan cengkeh. Aduk rata, dan masak sampai mendidih.


Masak saus tomat sampai berwarna lebih merah dan tidak pucat lagi. Matikan api. Biarkan hingga saus tidak panas lagi.  Buang seledri dan cengkeh.



Siapkan blender. Masukkan saus yang sudah dingin. Nyalakan blender dan proses hingga halus. Saring hasil blenderan hingga habis.

Siapkan pan, tuang hasil penyaringan. Ambil 1 sendok makan ampas sisa penyaringan dan masukkan ke pan bersama hasil penyaringan. Masak kembali saus. Biarkan mendidih dan masak hingga saus mengental. Cicipi rasanya. Tambahkan gula dan garam bila kurang pas. Angkat dan sajikan, sebagai cocolan, mantap!

Catatan :
- Pemberian ampas sisa penyaringan akan membuat saus lebih cepat mengental dibandingkan tanpa memasukan ampas.
- Ampas sisa bisa digunakan sebagai tambahan bumbu masak. Misal untuk nasi goreng.
- Saus tomat dapat disimpan di chiller kulkas selama 5 hari dan 1 bulan lebih di frezeer.
loading...

0 Response to "Resep Homemade Saus Tomat dan Puree Tomat"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code