Resep Nasi Gila a la Ngemil Sore


Resep Nasi Gila a la Ngemil Sore. Sebagai orang Indonesia, hari-hari saya tentu tidak jauh dari nasi. Baik itu sarapan atau jam makan lainnya selalu ada nasi. Membeli sebungkus sate untuk dibawa pulang ke rumah lengkap dengan lontongnya saat akan disantap saya selalu mengambil secentong nasi untuk ditambahkan. Selain untuk menyerap bumbu kacang yang begitu lezat, tentu untuk mengenyangkan perut ini. Sebenarnya lontong sudah cukup sebagai karbonya dan tidak perlu menambah nasi lagi. Tapi jika saya tidak menambahkan nasi maka efeknya saya bakal susah tidur. Hanya berguling-guling, kanan kiri tidak jelas. Karena perut keruyukan masih lapar meminta makan.



Saya dan mungkin juga anda menjadi tergantung dengan nasi, ini mungkin karena ada mindset yang terbentuk mulai dari kecil bahwa "nggak bakalan kenyang kalau belum makan nasi." Makan roti, kentang, mie, atau spaghetti belum juga bisa membuat kenyang. Mengapa? Karena sejak kecil oleh orang tua, kita dididik untuk makan dengan nasi. Belum makan namanya kalau belum ada nasi. Selain itu ada pandangan kalau makan singkong, ubi, atau yang lainnya adalah orang dengan kasta terendah. Mindset orang Indonesia ini membuat umbi-umbian jarang dilirik. Padahal umbi-umbian terutama singkong merupakan sumber kabohidrat kompleks dengan nilai gIukosa yang rendah dibandingkan dengan nasi.


Oke, sekarang kita menuju ke resep. Nasi gila atau ada juga yang menyebutnya dengan nasi goreng gila memiliki banyak cerita tentang asal usulnya. Ada yang mengatakan, "gila" karena lauknya yang melimpah dan aneka ragam seperti bakso, sosis, telur goreng, acar, dan lauk lainnya. Cerita lainnya yakni, dahulu ada penjual nasi goreng bereksperimen dengan mencampur nasi goreng yang sedang dibuat dengan topping dan bumbu yang lebih beragam. Setelah dicoba, ia pun berpikir, “Gila! Ternyata enak, ya!” Dari situlah nama nasi gila dipilih. Cerita dengan versi lain mengatakan bahwa dulu di daerah kemang, ada penjual nasi goreng. Tiba-tiba ada pembeli datang dan meminta nasi goreng tetapi dengan versinya sendiri. Yakni dengan mencampur semua bahan yang biasanya ada dalam nasi goreng dan juga termasuk sayuran yang biasanya menjadi lalapan. Si pembeli itu pun sampai mengajari cara membuatnya. Setelah matang pembeli kemudian menyantap nasi gorengnya. Ia pun berkata "Gila, mantab nih nasi gorengnya." Akhirnya si penjual nasi goreng memberi nama nasi goreng itu dengan nama nasi goreng gila. Masih ada satu lagi, dari sisi lain penamaan selain karena rasa. Yakni karena banyaknya pembeli yang rela mengantri sampai menunggu lama. Layaknya seperti orang yang tergila-gila demi dapat menyantap menu makanan ini.


Terlepas dari mana yang benar tentang asal usul si nasi gila, proses pembuatannya terbilang cukup mudah. Tinggal menumis bumbu, disusul bahan lainnya dan tumisan siap dituang disamping atau diatas nasi. Disini saya menggunakan telur bebek yang saya buat orak-arik. Untuk sayurannya saya hanya menggunakan jamur, tapi tentu anda dapat menggantinya dengan sayuran lain seperti kol, wortel, sawi hijau, dan lain sebagainya. Resep nasi gila ini fleksibel. Jadi tidak harus terpaku pada beberapa jenis bahan saja.

Berikut step by step resep nasi gila dilengkapi foto!



Nasi Gia a la Ngemil Sore

Untuk 4 - 5 porsi

Bahan :
- 3 butir telur bebek
- ½ sendok teh merica bubuk
- ½ sendok teh garam
- 200 gram jamur kancing, iris tipis
- 3 buah sosis ukuran kecil, iris tipis
- 4 buah tomat merah
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- ½ sendok teh merica butiran
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 2 sendok makan kecap manis
- 250 ml air kaldu ayam
- 4 sendok makan minyak, untuk menumis

Cara membuat :



Siapkan bahan-bahan. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica. Sisihkan. Haluskan tomat merah hingga setengah halus dan masih sedikit kasar. Kemudian iris tipis jamur dan sosis, sisihkan.



Siapkan mangkuk. Pecahkan telur bebek dan masukkan kedalamnya. Tambahkan merica bubuk dan garam. Kocok hingga tercampur rata. Siapkan wajan, tuang 2 sendok makan minyak dan panaskan. Masukkan kocokan telur. Tunggu hingga bagian dasar telur sedikit mengeras. Setelah itu segera aduk-aduk telur hingga menjadi orak-arik dan bergerindil. Aduk-aduk sampai terbentuk butiran telur yang terpisah satu sama lain. Angkat dan sisihkan.



Siapkan wajan bekas menggoreng telur. Tuang 2 sendok makan minyak dan panaskan. Masukkan bawang merah, bawang putih, dan merica yang telah dihaluskan. Tumis hinga bumbu harum. Masukkan sosis dan aduk rata. Tambahkan tomat yang telah dihaluskan.



Masak tomat hingga bagian yang masih kasar hancur. Tuang kecap manis dan masak sampai meletup-letup. Tambahkan jamur dan telur yang telah diorak-arik. Aduk rata.



Masukkan cabai bubuk, garam, dan gula pasir. Aduk kembali hingga rata. Tuang air kaldu ayam dan masak hingga mendidih. Aduk-aduk dan masak hingga air menyusut dan tersisa sedikit. Cicipi rasanya, tambahkan gula dan garam bila kurang pas. Angkat dan sajikan diatas atau disamping nasi hangat. Mantaaaaappppp!

Sumber dan inspirasi :
Cookpad Si Darling, Nasi Gila Mantap
loading...

0 Response to "Resep Nasi Gila a la Ngemil Sore"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code