Resep Cimol dan Kentang Goreng Kekinian dengan Saus Spicy Bechamel Mayo


Di sekitar kampus ISI banyak sekali pedagang makanan kaki lima yang menjajakan dagangannya yang banyak dan beragam membuat lapar mata plus perut kala melihatnya. Yang paling membuat saya ngiler saat pertama kali melihatnya yakni tahu gejrot dan es coklat. Membayangkan rasa pedas asemnya tahu lalu ditutup dengan minum es coklat yang menyegarkan. Uuhh! Sayang sekali saat itu saya tidak sempat mencobanya.

Tidak mencoba kedua jajanan tadi tapi saya mencoba jajanan yang menjadi inspirasi resep yang saya posting kali ini. Yakni ondol-ondol kentang goreng. Memang agak aneh namanya, tapi sekali merasakan jajanan ini pasti bakalan kepingin nambah lagi.



Ondol-ondol hampir mirip dengan cilok tapi tidak terlalu padat dan cara memasaknya digoreng. Jadi hampir-hampir mirip dengan cilok tapi cenderung ke papeda yang sudah dibulat-bulatkan. Ondol-ondol kemudian disajikan bersama kentang goreng disebuah katung plastik dan diberi bumbu tabur seperti balado, barbeque, atau keju. Disantapnya menggunakan tusuk sate atau lidi. Saya sendiri belum puas jika hanya sekantung plastik. Pengennya nambah satu lagi. Hehehe.

Selain ondol-ondol ada juga jajanan lain yang disajikannya bersama kentang goreng. Yaitu cimol kentang goreng. Jajanan ini ada di Pasar Mangiran di Srandakan. Penyajiannya pun sama, dengan bumbu tabur dan dalam kantung plastik. Tapi akhir-akhir ini penjual cimol ini sudah tidak berdagang lagi di pasar itu. Membuat saya kehilangan jajanan favorit ini.


Lihat juga resep gorengan lainnya :

Sebelum kenal cimol kentang goreng, saya terlebih dahulu dibuat penasaran dengan ondol-ondol yang saya ceritakan diatas. Bentuknya yang mirip papeda membuat saya ingin membuatnya. Dengan nekat saya membuat papeda hasil mencari resep di internet yang kemudian saya bentuk bulat-bulat dan saya goreng. Saya coba, saya kunyah-kunyah, saya coba telan, saya coba tenang, tapi akhirnya saya lepeh. Rrrrr... Seperti makan lem kertas. Rasanya kenyal-kenyal tidak karuan.

Agak merinding setelah mencoba hasil eksperimen ondol-ondol, akhirnya saya membuat cimol yang sudah pasti resepnya. Sudah pasti karena banyak resep cimol bertebaran di internet. Sedangkan ondol-ondol, satu pun belum saya temukan.

Membuat cimol bisa dibilang mudah tapi juga ada rasa was-was. Was-was jika tiba -tiba cimol meledak dan melompat dari wajan. Hal itu pernah saya alami. Waktu itu karena saya menggorengnya terlalu lama. Alhasil dua butir cimol melompat diiringi suara ledakan yang mengagetkan dan membuat jatung berdebar-debar seketika. Saya langsung mengakat cimol yang tersisa dari wajan dan menutupnya dengan mangkuk. Berjaga-jaga jika ada ledakan susulan. Hehehe. Dan juga agar cimol tidak melompat dan jatuh ke lantai.


Oke, sekarang kita menuju ke resep. Dari pengalaman diatas, jadi saat menggoreng cimol jangan terlalu lama. Minyak terlebih dahulu dituang ke wajan, jangan nyalakan dulu apinya. Masukkan adonan cimol yang sudah di bentuk bulat. Baru kemudian api dinyalakan. Apinya cukup kecil - sedang saja. Goreng sampai cimol berwarna putih bersih dan tidak berwarna putih seperti adonan saat mentah.

Lanjutkan menggoreng sampai menggembang. Butuh waktu sekitar 2 sampai 3 menit hingga cimol benar-benar menggembang. Setelah mengembang segera angkat cimol. Jangan terlalu lama menggoreng karena cimol bisa meledak jika berlebihan. Cukup sampai mengembang saja dan tidak perlu menggorengnya hingga kekuningan. Karena umumnya cimol itu berwarna putih.


Karena cimol harus digoreng saat minyak masih dingin jadi tips agar lebih cepat selesai yakni goreng cimol dalam dua wajan. Saat satu wajan digunakan, maka wajan yang lain diistirahatkan agar minyaknya dingin. Jadi saat wajan sebelumnya sudah selesai menggoreng maka wajan yang telah diistirahatkan juga sudah siap digunakan untuk menggoreng berikutnya karena minyaknya sudah cukup dingin.

Untuk kentang goreng saya membuatnya biasa. Tidak seperti potato wedges di resep steak daging cincang yang pernah saya posting. Klik disini untuk melihat resepnya. Kentang saya potong bentuk stik dan dibumbui dengan bawang putih dan garam. Lantas saya goreng hingga matang.


Sebagai cocolan saya membuat saus spicy bechamel mayo alias saus bechamel mayones pedas. Saus ini modifikasi dari saus bechamel yang biasanya menggunakan keju. Keju diganti dengan mayones, seperti itu simpelnya. Prosesnya sama seperti saat membuat saus bechamel.

Tepung terigu ditumis dengan margarin kemudian ditambahkan susu sedikit demi sedikit agar tepung mudah larut dengan susu. Kemudian setelah semua susu masuk lantas ditambahkan mayones dan saus sambal. Aduk hingga rata dan masak sampai meletup-letup dan kental. Saus pun siap digunakan. Di saus saya tidak menambahkan garam atau pun gula. Karena menurut saya rasanya sudah pas. Tapi jika menurut anda masih ada yang kurang, maka tambahkan saja garam dan gula sesuai selera.

Oke, berikut step by step resep cimol kentang goreng kekinian dengan saus spicy bechamel mayo!


Cimol dan Kentang Goreng Kekinian dengan Saus Spicy Bechamel Mayo

Menghasilkan banyak cimol dan kentang goreng

Bahan cimol :
- 450 gram tepung tapioka
- 100 gram tepung terigu
- 1 sendok teh baking powder
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 1 1/2 sendok teh garam
- 350 ml air panas

Bahan kentang goreng :
- 750 gram kentang
- 2 sendok teh garam
- 3 siung bawang putih
- 300 ml air

Bahan lainnya :
- Minyak goreng agak banyak, untuk menggoreng cimol dan kentang

Bahan saus spicy bechamel mayo :
- 1 sendok makan margarin
- 1 sendok makan tepung terigu
- 300 ml susu cair
- 100 gram mayonnaise pedas, saya menggunakan mayumi pedas
- 1 sendok makan saus sambal

Cara membuat :
Membuat cimol


Siapkan mangkuk, masukkan tepung tapioka, tepung terigu, dan baking powder. Aduk rata.

Haluskan bawang putih, merica, dan garam. Larukan dalam air panas di gelas takar.

Tuang air larutan bumbu kedalam mangkuk berisi tepung. Aduk rata kemudian uleni hingga kalis dan menjadi adonan yang mudah di bentuk.


Siapkan wajan, tuang minyak agak banyak. Jangan dulu menyalakan api kompor.

Bentuk bulat-bulat adonan cimol dan langsung masukkan dalam wajan. Lakukan hingga menjadi beberapa bulatan yang agak banyak.

Nyalakan api kompor dengan api kecil - sedang. Goreng cimol sampai cimol berwarna putih bersih dan tidak berwarna putih seperti adonan saat mentah.

Lanjutkan menggoreng sampai menggembang. Butuh waktu sekitar 2 sampai 3 menit hingga cimol benar-benar menggembang.

Setelah mengembang segera angkat cimol. Jangan terlalu lama menggoreng karena cimol bisa meledak jika berlebihan. Cukup sampai mengembang saja dan tidak perlu menggorengnya hingga kekuningan. Karena umumnya cimol itu berwarna putih.


Siapkan wajan lain dan goreng cimol sama seperti cara sebelumnya. Biarkan wajan sebelumnya dingin dan tidak panas lagi. Jadi setelah menggoreng dengan wajan kedua selesai wajan sebelumnya sudah siap digunakan untuk menggoreng lagi. Lakukan hingga adonan cimol habis.

Membuat kentang goreng


Siapkan kentang. Potong bentuk stik kemudian cuci sebanyak 4 - 5 kali hingga air cucian kentang bersih dan tidak butek.

Haluskan bawang putih dan garam. Masukkan dalam mangkuk tambahkan air dan aduk rata hingga larut.

Ambil segenggam kentang kemudian rendam sebentar sambil menunggu minyak panas. Sekitar 1 menit saat merendam.


Siapkan wajan bekas menggoreng cimol. Tambahkan minyak bila kurang dan panaskan. Tiriskan kentang sebentar dari rendaman bumbu dengan cara mengangkatnya dari mangkuk. Goreng sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan hingga kentang habis.

Membuat saus spicy bechamel mayo


Siapkan pan, masukkan margarin dan panaskan hingga margarin meleleh. Masukkan tepung terigu aduk cepat. Tuang sedikit susu dan aduk rata kembali hingga tepung larut.


Masukkan kembali susu dan aduk rata. Masukkan susu sedikit demi sedikit lakukan hingga semua susu masuk dalam pan. Ini agar tepung mudah larut dan tidak bergerindil.


Masukkan mayonnaise pedas dan saus sambal. Aduk rata hingga menyatu. Masak terus saus sambil diaduk hingga mengental dan meletup-letup. Cicipi rasanya, bila kurang pas bisa ditambahkan gula dan garam. Saus ini harus berasa mayonnaise, sedikit milky, dan pedas.


Siapkan piring atau wadah tata cimol dan kentang sajikan bersama saus. Yuuummmm!
loading...

0 Response to "Resep Cimol dan Kentang Goreng Kekinian dengan Saus Spicy Bechamel Mayo"

Posting Komentar

Facebook Page

Poptm ad code